PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MONTONG GADING PADA POKOK BAHASAN BENTUK MUKA

Written By Unknown on Friday, February 24, 2012 | 7:32 AM

ABSTRAK

M. IRWAN. 07370024. 2011. “Penggunaan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Montong Gading Pada Pokok Bahasan Bentuk Muka Bumi Tahun Pelajaran 2011/2012”. Pembimbing I: MUH. TAUFANI AMRI, M.Pd, Pembimbing II: BQ. NURJIHATUN A, S.Pd. SKRIPSI. Program Studi Geografi Jurusan Pendidikan IPS STKIP Hamzanwadi Selong.

Penelitian ini di lakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Montong Gading pada pokok bahasan Bentuk Muka Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi komputer dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Montong Gading pada pokok bahasan Bentuk Muka Bumi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mencapai tujuan penelitian, maka prosedur kerja dalan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I menunjukkan prestasi belajar siswa terlihat cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi karena pada tahap bertanya dan menanggapi masih didominasi oleh siswa yang berkemampuan tinggi bahkan masih ada siswa yang kurang aktif. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Dari rekapitulasi hasil evaluasi, dapat dilihat bahwa adanya peningkatan prestasi belajar baik dari segi rata-rata maupun dari segi ketuntasan klasikal, di mana rata-rata nilai pada siklus I sebesar 6,81 dengan daya serap 68,1 dan presentase ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 66,67%, meningkat menjadi 7,64 dengan daya serap 76,4 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 85,71% pada siklus II.

Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Animasi Komputer dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Montong Gading pada pokok bahasan Bentuk Muka Bumi Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata kunci: Media Animasi Komputer, Prestasi Belajar

No comments:

Post a Comment