AKTIVITAS PENAMBANGAN BATU KAPUR DAN SUMBANGANNYA TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DESA MOKONG KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR TAHUN 2011

Written By Unknown on Saturday, March 10, 2012 | 5:53 PM

ABSTRAK

Dewi Kartika, 07370302, 2011: Aktivitas penambangan batu kapur dan sumbangannya terhadap pendapatan petani di Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Besar Tahun 2011. Dosen pembimbing I (Drs. Suroso, M.Si) dan Dosen Pembimbing II Armin Subhani,M.pd). STKIP Hamzanwadi Selong.

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui aktivitas penambangan yang dilakukan penduduk Desa Mokong dan Mengetahui seberapa besar sumbangan pendapatan dari penambangan batu kapur terhadap pendapatan petani. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua petani yang bekerja sebagai penambang batu kapur di Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Besar. Populasi adalah suatu sekumpulan yang terdiri objek dan subjek yang menjadi kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan. Sugiyono (dalam Ridwan, 2006:54). Jadi yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua petani yang bekerja sebagai penambang batu kapur di Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Besar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis deskriptif yakni penelitian terhadap populasi dari subyek berupa individu dan organisasional. Penelitian ini adalah kegiatan pendataan tentang. Aktivitas penambangan dan sumbangannya terhadap pendapatan petani di Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. Analisis data menggunakan statistik sederhana adalah proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah di baca diinterprestasi. Dalam proses data seringkali digunakan statistik salah satu fungsi pokok adalah menyederhanakan data yang besar jumlahnya menjadi informasi yang lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipahami.

Hasil pendapatan rata-rata perorang dari 25 responden pada sektor penambangan batu kapur dalam 1 minggu terakhir yaitu sebesar Rp. 91.020 dikatakan cukup untuk kebutuhan keluarga. dan pendapatan rata-rata perorang dari 25 responden pada sektor pertanian dalam 1 minggu terakhir yaitu sebesar Rp. 327.780, dikatakan cukup. sumbangan pendapatan dari pekerjaan penambangan batu kapur terhadap pendapatan dari sektor pertanian total mencapai 27.77 % yang termasuk dalam kriteria sumbangan pendapatan yang cukup. Sumbangan pendapatan dari penambangan tergolong cukup, namun penambang tetap bekerja pada sektor pertanian sebagai pekerjaan pokok mereka.

No comments:

Post a Comment