MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PQ4R PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI BIOSFER SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH MASBAGIK

Written By Unknown on Saturday, March 10, 2012 | 5:49 PM

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan pada bab empat di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Persentase hasil belajar siswa adalah 70.80 % pada siklus I meningkat menjadi 95.83 % pada siklus II. Dimana persentase ketuntasan siswa sebelum menggunakan metode PQ4R berdasarkan hasil pre tes hanya 1.92% saja. Persentase aktivitas belajar siswa yaitu 63.65 % dengan kriteria baik (B) pada siklus I meningkat menjadi 86.57 % dengan kriteria sangat baik (SB) pada siklus II. Sementara itu, persentase ketuntasan aktivitas mengajar guru perkembangannya cukup maksimal dimana pada siklus I adalah 85 % dan pada siklus II mencapai 95 % dengan kriteria sangat baik (SB) .

Dengan demikian pelaksanaan proses pembelajaran pada kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Masbagik Tahun Pelajar 2011/2012 dengan menggunakan metode PQ4R dapat dikatakan berhasil dengan dua siklus. Kesuksesan atau keberhasilan dicapai dengan hasil yang memuaskan sesuai harapan baik dari aktivitas siswa, aktivitas guru dan yang paling utama adalah hasil belajar siswa

No comments:

Post a Comment