PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAKRA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Written By Unknown on Friday, March 9, 2012 | 8:18 PM

ABSTRAK

Hadi, 07370011. 2011. Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Program IPS, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong. Tahun 2011. Pembimbing I Armin Subhani, M.Pd. pembimbing II Bq. Ahda Razula, A, S.Pd.

Lingkungan belajar adalah segala sesuatu yang berada di sekitar peserta didik yang dapat membuat peserta didik merasa senang, aman, nyaman dan termotivasi untuk belajar yang meliputi lingkungan fisik/alam dan nonfisik/sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2011/2012.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk antara dua variabel atau lebih yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui lingkungan belajar yang dipersepsikan siswa. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dan regresi linier sederhana.

Dari hasil penelitian, uji analisis data pada uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung = 0,580 > ttabel = 0,201 pada taraf signifikansi 5 % dan N=95, maka korelasi yang diperoleh signifikan serta uji hipotesisnya, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VII SMPN 2 Sakra Timur” dapat diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “tidak ada hubungan yang sidnifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VII SMPN 2 Sakra Timur” ditolak.

Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif signifikan dari lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan, gambaran, serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar.

No comments:

Post a Comment